Foto: Stocksy

Kenapa Ya Work From Cafe Malah Berasa Lebih Fokus?

Pernah kepikiran gak kenapa ya sewaktu kerja work from cafe atau coffee shop gitu, walaupun suasananya bising tapi kita tetep bisa produktif? Ternyata nih ya, suasana bising coffee shop bisa jadi inspirasi sama ngedukung produktivitas dan kreativitas kerja seseorang.

Ada penelitian yang dilakuin ke sekelompok pelajar oleh University of British Columbia tahun 2012, ngungkapin kalo suara latar dengan tingkat kebisingan yang cukup, justru bisa memicu kreativitas pas lagi kerja, dibandingkan ketika bekerja dalam suasana hening dan tenang. Kebisingan itu dikenal dengan istilah White Noise.

Ada yang pernah denger istilah White Noise? So, White Noise tuh suara-suara alamiah yang sering didengar manusia kayak suara percakapan orang di suatu restoran, suara gemricik air, suara langkah kaki, dan sebagainya.

Bersumber dari Livescience, para ilmuwan bilang kalo White Noise adalah derau acak yang memiliki kerapatan spektral datar, derau yang memiliki amplitudo atau intensitas yang sama, diseluruh rentang frekuensinya dari 20 hingga 20.000 hertz. Nah, frekuensi inilah yang telinga manusia bisa nyaman buat di dengerin.

Walaupun dari berbagai jenis suara, ternyata bisa bantu kita terhindar dari distraksi loh. Karena cara kerja White Noise ini adalah menyamarkan suara-suara yang ngeganggu. Jadi kita bisa lebih fokus.

Menurut Sleep Junkies, terdapat tiga jenis white noise:

Bagi yang insomnia, white noise ini juga bisa jadi salah satu terapi yang ngebantu fokus buat tidur. Secara gak langsung, tidur yang cukup, bisa juga dong bantu kita lebih maksimal buat kerja dan belajar, karena cari ide dan kreatifitas itu butuh banget istirahat.

Kalo berdasarkan Desktime, penelitian yang dilakuin oleh Universitas Illinois bilang kalo dengerin suara deru ombak, rintik hujan, kicau burung ala ala anak alam gitu, bisa ngebikin perasaan positif dan ningkatin performa kerja.

Jadi bener kok, White Noise bisa ngebantu kita ningkatin produktivitas kerja, kamu bisa mulai nerapinnya mulai sekarang.

Artikel Oleh:  Yudistira Wiranata

Related Post

Contact us

    SOUTH SUMATERA LIFESTYLE AND CREATIVE MAGAZINE

    Contact Us!