Ade Risky, Session Player Kawakan Palembang yang Merilis Karyanya Sendiri

Ade Risky menghadirkan single perdana sebagai proses dari apa yang telah Ia geluti sejak dulu dan 'Tale of You' memberikan kesan manis nan lembut namun juga kuat secara musikalitas. Jadi satu 'permen manis' cicip dengar mengawali mini album yang akan datang.

Nama Ade Risky sudah tidak asing lagi bagi para session player di Palembang sendiri dan telah lama diperhitungkan. Dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama, tepatnya Ia telah aktif sejak 2017 lalu saat instrumen gitar yang dicintainya sejak dini, mulai rajin dan wara-wiri di berbagai projek dan juga bergerak dari pangung ke panggung setahun kemudian.

Di sela-sela kesehariannya bekerja sebagai product specialist Guitar Division pada salah satu toko alat musik besar di Palembang, menjadikannya sangat dekat untuk terus mengeksplorasi instrument musik setiap harinya. Bukan hanya sekedar memainkannya dengan baik, tapi juga akhirnya untuk tahu dan mengenal secara keseluruhan mengenai musik. Pada proses inilah, Ade Risky juga dilirik oleh brand-brand ternama seperti, Cort Guitars dan juga D’Addario and Company yang kini menjadikannya Brand Ambasador.

Hasrat bermusik Ade Risky tak bisa dibendung dengan hanya membawa ulang, mengarasemen atau bahkan sekedar ‘cover-cover’ musik yang Ia dengarkan. Keresahaannya akan berkarya yang langsung, membuat dan memproduksi sendiri musiknya ini tak pernah redup selama hampir 7 tahun terakhir saat memulai karir bermusik. Tepatnya, pertengahan tahun 2022 lalu, Ia dipertemukan akrab dengan Rafidanny Barussalam, seorang teman sekaligus song maker dan performer yang juga sempat merilis album penuh dengan moniker Andembo bertajuk ‘I Found Myself Again’, sebuah album serius nan apik digarap oleh Rafidanny ketika Ia berdinamika di tanah rantau kala itu, antara Jakarta dan Bandung.

Hasrat tak terbenam Ade Risky yang dipertemukan dengan passion yang ada pada Rafidanny mengantarkan mereka pada workshop-workshop sederhana dan ‘jamming’ secara intens di hari-hari berikutnya. Kondisi ini jadi momen yang tepat, awal 2023 menjadikan mereka berdua mulai serius membawa materi-materi ini masuk ke studio rekaman secara perlahan. Cara-cara organik ini nan menyenangkan ini melahirkan beberapa track yang punya benang merahnya antara RnB, Pop, Rock serta nuansa Jazz. Jelas, ini terkristalisasi dari kiblat-kiblat Ade Risky dari John Mayer, sampai Harry Styles, juga Phum Viphrut hingga Boy Pablo.

‘Tale of You’ adalah bukti konkrit dari proses yang digeluti Ade Risky dan Rafidanny  Barussalam, sebuah karya musik yang manis juga lembut dilengkapi dengan lirik yang berangkat dari lanskap pengalaman langsung Ade Risky. Track ini juga bisa dibilang “satu permen manis” cicip dengar untuk mengawali mini mini album (EP) debut dari Ade Risky yang akan dirilis mendatang. Lagu dari ‘Tale of You’ ini sudah jelas menggambarkan, menjadi pembuka cerita dari keseluruhan apa yang ingin dibagi Ade Risky nanti kedepannya. Dari bagaimana dia mulai kenal seseorang, dan berlanjut pada tahap-tahap selanjutnya. Lagu ini benar-benar bisa dibilang serius untuk sebuah “keisengan yang organik” – terlihat dari lini produksi yang menggaet Opan Arian (Gitaris MATS) dan Jimi Delvian (Hutan Tropis), nama yang tak asing di kancah musik indie Palembang. Lantas disambut paripurna oleh Heinriko Christiansen (terlibat intens dengan produksi pada karya-karya musik milik Bams ex-Samson) untuk mengolah mixing dan mastering, juga ada Kevin Ruenda, seorang produser pada banyak projek solo di Jakarta.

Pengalaman-pengalaman Rafidanny Barussalam dalam memproduksi albumnya di Ibukota, juga sentuhan yang signifikan pada lagu ini yang juga diakomodir oleh Ade Risky dalam mengeksplorasi musik selama kurang lebih 7 tahun belakangan, ‘Tale of You’ jadi kualitas musik yang lengkang dan juga matang. Lagu ini jadi pembuka dan juga salam perkenalan menuju semesta yang lainnya atas sebuah kisah pengalaman manis-getir yang kedepannya akan Ia cicil ceritakan melalui single-single lanjutan yang dibalut oleh komposisi dan musik yang memanjakan telinga para penikmat musik lokal.

Performed : Ade Risky
Written : Rafidany Barussalam
Producer : Rafidany Barussalam
Composed : Rafidany B., Ade Risky
Music Producer : Kevin Ruenda
Guitar : Ade Risky
 
Vocal Recorded Studio : RSP Studio
Vocal Director : Andémbo, M. Sandy
Lead Guitar Operator : Opan Arian
Rhytm Guitar Operator : Jimi Delvian
Backing Vocal : Andémbo
Mixed : Heinriko Christiansen
Mastered : Heinriko Christiansen 

Artikel Oleh:  Junior Zamrud

Related Post

Contact us

    SOUTH SUMATERA LIFESTYLE AND CREATIVE MAGAZINE

    Contact Us!