Illustration: Bobby Aland

Dinamika Desain Komunikasi Visual di Palembang

Jurusan DKV atau Desain Komunikasi Visual emang punya peran penting dalam menghasilkan profesional yang mampu menciptakan solusi. Eksistensi jurusan DKV di Palembang, seperti di banyak kota lain, memiliki dampak terhadap perkembangan industri kreatif. Tapi sejauh mana dampak jurusan DKV terhadap industri kreatif di kota ini. Bagaimana lulusan DKV di Palembang harus tetap relevan terhadap lapangan pekerjaan dan dunia kreatif yang semakin dinamis ataupun berbagai tantangan lainnya. Artikel kali ini cl-ue mengumpulan beberapa lulusan DKV di Palembang untuk mengemukakan pandangannya terhadap semua aspek Desain Komunikasi Visual dan harapan mereka terhadap jurusan ini kedepannya terutama untuk di Kota Palembang.

 

Tika Sujek

Alumni Jurusan DKV, Pekerja Kreatif
  1. Menurutmu, jurusan DKV kepake/relevan gak sama lapangan pekerjaan yang ada di Palembang?

    Dkv ini kalau di aku berguna banget sih karna sedikit banyak ilmu nya menunjang dalam pekerjaan aku.
    Dan kalau untuk secara general jurusan dkv ini bisa di bilang relevan di palembang karna sudah banyak perusahaan, instansi atau bahkan perorangan, Yang membutuhkan “sentuhan & ide kreativitas” dari jurusan dkv ini.

    2. Gimana anak DKV bisa / harus survive di kota kayak Palembang ini?
    Pinter-pinter cari peluang dan perdalam lagi ilmu nya aja sih, karna ilmu yang di dapat gak hanya untuk mencari pekerjaan aja bahkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

    3. Apa pendapatmu soal eksistensi agensi kreatif / studio graphic design di Palembang untuk lulusan DKV?
    Bagus banget, Karna agensi kreatif atau pun studio graphic design adalah peluang yg cukup besar untuk para lulusan DKV mendapatkan pekerjaan dan memperbanyak ilmu.

    4. Gimana perbandingan jurusan DKV di Palembang dengan kota besar lain terutama, di Pulau Jawa?
    Yang menjadi pembeda mungkin dari jurusan nya aja sih, karna di luar kota lebih banyak pilihan “sub” jurusan yg lebih mendetail, contoh nya desain grafis, periklanan, multimedia, dan lain lain.
    Tapi secara garis besar sama aja.

    5. Apa harapan kamu untuk jurusan DKV di Palembang biar bisa bersaing di industri yang lebih masif hari ini?
    Berani berekspresi dan jangan takut menciptakan ide-ide kreatif, lakuin aja dulu karna salah benar nya di buat dari proses.

Ferry Muhammad

Mahasiswa DKV, Desainer Grafis
    1. Menurutmu, jurusan DKV kepake/relevan gak sama lapangan pekerjaan yang ada di Palembang?Mengingat bahwa Desain Komunikasi Visual itu sendiri hadir sebagai problem solverterkait permasalahan komunikasi visual seperti fungsi informasi, identitas, ataupun persuasi di masyarakat. Jadi, kalo dibilang kepake atau relevan itu menurut saya sudah pasti, karena sudah jadi keharusan seluruh bidang pekerjaan untuk menerapkan ilmu Desain Komunikasi Visual apalagi di Kota Palembang.
    1. Gimana anak DKV bisa / harus survivedi kota kayak Palembang ini?
    • Kalo menurut saya pribadi itu subjektif, karena temen-temen DKV juga banyak memiliki profesi masing-masing seperti photographer, videographer, motion designer, graphic designer, illustratoryang memiliki cara yang unik untuk survive di kota Palembang, at least karena era konvergensi modern yang semakin maju serba digital banyak cara tersendiri untuk membentuk personal branding masing-masing individu.  Selama yang saya lihat dari temen-temen DKV itu kebanyakan sabar, konsisten, stay update buat mengeksplor hal-hal baru seputar DKV biar bisa beradaptasi dengan zaman.
    1. Apa pendapatmu soal eksistensi agensi kreatif / studio graphic designdi Palembang untuk lulusan DKV?
    • Soal eksistensi creative agencydan creative house studio itu sebuah kemajuan buat kota Palembang untuk meningkatkan potensi pasar, koneksi dan jaringan yang dibangun. Secara keseluruhan, eksistensi creative agency dan creative house studio di Palembang untuk lulusan DKV bisa menjadi peluang yang menarik jika dapat memahami pasar, menonjolkan kreativitas dan inovasi, serta memiliki strategi yang baik untuk bersaing dan membangun reputasi di industri kreatif.
    1. Gimana perbandingan jurusan DKV di Palembang dengan kota besar lain terutama, di Pulau Jawa?
    • Pengalaman saya pribadi itu kalo dilihat dari segi struktur pekerjaan itu jelas jauh berbeda, tapi kalo dilihat dari segi dalam berkarya SDM di Palembang itu sudah bisa mengimbangi bahkan bisa melebihi, apalagi soal tastePalembang sudah memiliki ciri khas tersendiri . Balik lagi tergantung apa yang ingin disampaikan dan juga mampu menguraikan output-nya secara informatif, komunikatif dan efektif.
    1. Apa harapan kamu untuk jurusan DKV di Palembang biar bisa bersaing di industri yang lebih masif hari ini?
    • Harapan saya sendiri itu untuk jurusan DKV semoga bisa lebih banyak lagi, kalo dilihat di Palembang itu jurusan DKV itu masih sedikit sekali. Soal urusan bersaing itu sudah pasti, yang terpenting itu bisa mengedukasi masyarakat  tentang hal-hal yang berkaitan dengan DKV. Mengingat bahwa masyarakat di Palembang itu sendiri masih awam dengan DKV untuk memahami bagaimana penerapan seni dan desain dalam menciptakan solusi bagi permasalahan sehingga mampu menciptakan perubahan untuk Palembang sendiri.
  1.  

Destiara Chairunisa

Creative Team Ink Photos

1.Menurutmu, jurusan DKV kepake/relevan gak sama lapangan pekerjaan yang ada di Palembang?

Menurut aku jurusan DKV sekarang di Palembang udah kepake banget, malah ada beberapa perusahaan yang mengharuskan bisa desain walaupun ngga harus advance dan juga bukan lulusan DKV. So menurut aku kepake- kepake aja sih, apalagi dimana- mana sekarang Visual / Aestethics menjadi nomor satu dalam sebuah brand atau identitas.

2. Gimana anak DKV bisa / harus survive di kota kayak Palembang ini?

Memperbanyak portofolio dan memperbanyak pengalaman dan koneksi, soalnya untuk survive itu biasanya harus berkembang dan banyak eksplor aja tentang perkembangan kreatif di jaman sekarang gimana dan juga mau ga mau kita itu sebagai pekerja kreatif harus berani beda walaupun sekarang namanya ga ada yang original. Biasanya kalo udh berani beda pasti ada aja kebuka peluang baru yang bisa bantu kamu survive. In order to survive you must dare to do something different ! Haha


3. Apa pendapatmu soal eksistensi agensi kreatif / studio graphic design di Palembang untuk lulusan DKV?

Yang pastinya untuk anak dkv jadi nambah portofolio, semakin banyak juga semakin bagus, semakin nambah wawasan/ pengalaman juga soalnya belajar atau pengalaman itu ga pernah berhenti pas kamu lulus kuliah aja, belajar itu tiap hari dan dimana aja. Dan juga menguntungkan banget untuk beberapa perusahaan yang mungkin butuh desain yang proper atau tim yang lebih advance. Yang pastinya sihh saling menguntungkan kedua belah pihak !

4. Gimana perbandingan jurusan DKV di Palembang dengan kota besar lain terutama, di Pulau Jawa?

Setiap jurusan DKV di setiap kota lain pasti ada yang lebih pesat perkembangan nya dan juga ada yang seiring waktu baru mengikuti perkembangan kreatif. Dan menurut aku itu bagus. Setau aku jurusan DKV di kota lain itu lebih detail dan proper dalam segi mata kuliah nya, tugas nya, sumber pengajar nya dll. Sedangkan di Palembang ini menurut aku udah bagus banget juga dan pesat juga perkembangan nya.
Kalaupun ada perbedaan pastinya kita juga harus belajar dari jurusan DKV kota lain yang lebih maju. Jadikan hal yang bagus untuk menjadi acuan untuk berkembang.


5. Apa harapan kamu untuk jurusan DKV di Palembang biar bisa bersaing di industri yang lebih masif hari ini?

Harapan aku untuk kedepannya yang pastinya harus tetap mengikuti perkembangan digital dan zaman, semoga kita berani untuk coba hal- hal yang udah ga biasa lagi, coba suatu yang baru, walaupun sekarang ga ada yang namanya ide baru, yang ada ide yang lama di kelola ulang jadi ide baru haha. Dikarenakan zaman sekarang semakin “aneh” sebuah ide semakin maju juga. Soalnya kalau aku lihat perkembangan kreatif di kota lain ide – ide mereka itu udah beda banget, dikarenakan dari hal- hal yang baru itulah muncul range orang- orang yang suka hal unik.

Ketika mengambil perspektif yang lebih luas, kita dapat melihat bahwa DKV bukanlah sekadar jurusan, Tetapi juga sebagai pewaris nilai-nilai kreativitas dan dedikasi, memegang tanggung jawab besar dalam menggerakan ekosistem kreatif di Kota Palembang. Di tengah arus globalisasi dan transformasi digital, lulusan DKV harus menjadi penggagas perubahan dan problem solver kreatif di Kota ini

Artikel Oleh:  Bobby Aland

Gazza, Tabarock Musik

Related Post

Contact us

    SOUTH SUMATERA LIFESTYLE AND CREATIVE MAGAZINE

    Contact Us!