Illustration: Bobby Aland

LRT Palembang, Apakah Sesuai Harapan?

Palembang, kota terbesar di Sumatera Selatan, telah mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa dekade terakhir. Perkembangan infrastruktur dan transportasi menjadi salah satu fokus utama pemerintah daerah untuk menjaga kualitas hidup warga dan mendukung pertumbuhan ekonomi. Salah satu proyek ambisius yang sudah terealisasi adalah Light Rail Transit (LRT) di kota ini. LRT Palembang yang selesai pada awal tahun 2018 ini dalam jangka pendek dipersiapkan untuk menunjang perhelatan Asian Games, serta dalam jangka panjang diharapkan dapat menjadi transportasi masa depan guna memudahkan mobilitas warga dan mengurangi kemacetan lalu lintas. Namun, setelah 5 tahun dibangun, bagaimana sih pandangan warga Palembang terkait adanya LRT Palembang? Apakah harapan-harapan itu terpenuhi?

Pertanyaan mengenai LRT Palembang menarik untuk digali. Dengan mencari pandangan dari berbagai lapisan masyarakat, kita dapat memahami persepsi, harapan, dan kekhawatiran warga terkait LRT Palembang.

Abdurrahman Iman Arif

Penulis Puisi
  1. Sebagai warga kota Palembang, gimana kamu melihat adanya LRT?

Complicated, secara output ada tapi secara dampak masih dipertanyakan. Menambahkan daftar kunjungan di kota Palembang.

 

  1. Menurutmu kenapa sih di Palembang dibangun LRT?

Karena telah menjadi kebijakan dan telah dilaksanakan.

 

  1. Apakah LRT membantu moda transportasi umum di Palembang?

Diharapkan membantu, justru menunjukkan permasalahan baru. Ketersediaan masyarakat menerima orang yang tidak dikenal untuk berada disekitar pada periode waktu tertentu. Tentang nyaman dan aman di ruang publik yang menjadi tanggung jawab bersama.

 

  1. Dengan adanya LRT, apakah itu jadi solusi kurangi kemacetan di Palembang?

Tidak ada masalah yang selesai dengan satu kebijakan. Apakah kemacetan masih layak dikatakan sebagai masalah ? bukankah kemacetan telah menjadi gaya hidup ?

 

5.Menurutmu dengan adanya LRT, sampai sekarang apa yang jadi kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihannya menambah pilihan mada transportasi. Kekurangnya belum mampu menggerakan masyarakat yang memiliki kendaraan untuk menggunakan LRT.  

Jony

Pengguna LRT
  1. Sebagai warga kota Palembang, gimana kamu melihat adanya LRT?

Sebagai pengguna transportasi publik, saya merasa amat terbantu dengan adanya layanan LRT di Palembang.

 

2.Menurutmu kenapa sih di Palembang dibangun LRT?

Untuk menggantikan rencana pembangunan monorail yang telah ada sejak lama.

 

  1. Apakah LRT membantu moda transportasi umum di Palembang?

Cukup membantu, apalagi jika nanti bisa lebih terintegrasi lagi dengan moda-moda transportasi lainnya.

 

  1. Dengan adanya LRT, apakah itu jadi solusi kurangi kemacetan di Palembang?

Harapannya begitu, para pengendara kendaraan pribadi perlahan bisa beralih ke LRT dalam melakukan perjalanan sehari-hari.

 

  1. Menurutmu dengan adanya LRT, sampai sekarang apa yang jadi kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihannya relatif lebih murah, tepat waktu. Kekurangannya, perlu diperbanyak lagi stasiun pemberhentian yang lebih berpihak ke para pengguna.

Muhammad Fahri Syahputra

Ticketing officer BSB
  1. sebagai warga kota palembang, kamu melihat adanya lrt itu bagaimana?

menurut saya dengan adanya lrt di kota palembang tentunya mempermudah warga kota palembang dalam memilih transportasi yang tidak membuat polusi dan mengurangi kemacetan

 

  1. Menurutmu kenapa sih di Palembang dibangun LRT?

awal mula dibangun itu karena menyambut asian games 2018, tentunya akan berdampak yang sangat bagus untuk kota palembang, semakin berjalannya waktu kota palembang akan semakin banyak kendaraan yang membuat kota palembang padat sehingga memperlambat aktivitas dalam bepergian.

 

  1. Menurutmu apakah LRT membantu moda transportasi umum di palembang?

tentu saja, mengurangi polusi dan kemacetan pastinya

 

  1. Menurutmu dengan adanya LRT apakah itu jadi solusi kurangi kemacetan di palembang?

yaa, karena lrt dibangun diatas jalan sehingga lebih cepat dalam efesiensi waktu dalam bepergian dan tidak terkena macet

 

  1. Menurutmu dengan adanya LRT,  sampai sekarang apa yang menjadi kelebihan dan kekurangannya?

kelebihannya adalah mengurangi kemacetan di kota palembang, mengurangi polusi, membuat efesiensi waktu, dan transportasi yang murah dan aman serta nyaman.

untuk kekurangannya adalah jam operasional yang tidak sampai malam

 

Setelah lima tahun berlalu sejak pembangunan, masyarakat Palembang memiliki pandangan yang beragam mengenai kehadiran LRT di kota mereka. Sebagian warga menyambut proyek ini dengan antusiasme, menganggapnya sebagai tonggak penting dalam kemajuan kota dan peningkatan kualitas hidup. Adanya LRT telah memudahkan aksesibilitas dan mobilitas di sekitar kota, serta menyediakan alternatif transportasi yang lebih modern dan nyaman.

Namun, sebagian lainnya mungkin juga menyampaikan beberapa keprihatinan atau kritik terhadap LRT Palembang. Beberapa di antaranya mungkin mengenai masalah jumlah penumpang, operasional dan perawatan yang harus ditingkatkan untuk memastikan kenyamanan layanan.

Secara keseluruhan, LRT Palembang perlu evaluasi terus-menerus untuk memastikan proyek ini berfungsi maksimal dalam memenuhi kebutuhan dan harapan warga serta berkontribusi pada kemajuan Palembang sebagai kota yang modern dan berdaya saing.

Artikel Oleh:  Bobby Aland

Gazza, Tabarock Musik

Related Post

Contact us

    SOUTH SUMATERA LIFESTYLE AND CREATIVE MAGAZINE

    Contact Us!