Foto: Junior Zamrud

Menuju ‘Geeks Invasion’ edisi Palembang

Pekan lalu, tepatnya pada hari Jumat, 30 Juni jadi pertemuan bagi pegiat juga para penikmat musik alternatif dalam kegiatan Introducing: Geeks Invasion’ yang menjadi edisi kota Palembang. Sebelumnya, konser musik dari Geeks Invasion ini telah berlangsung di Bandung, 14 Mei lalu. Menjadi pertunjukan musik lintas kota dan juga antara pulau ini nantinya akan berlangsung di Palembang pada 30 Juli mendatang. Geeks Invasion merupakan konser musik yang berfokus pada ceruk musik Punk Rock.

Inisasi akan pertunjukan musik ini berangkat dari keberadaan tiga band dari pulau seberang, ada The Rang-Rangs (Jakarta), The Jansen (Bogor) dan Saturday Night Karaoke (Bandung) yang menghadrikan konser musik dengan nuansa Punk Rock ‘bernyanyi’ karena kesamaan genre jadi haluan dari ketiga band ini. Keberlanjutan dari konser Geeks Invasion kemudian hadir di Palembang sendiri atas dasar jejaring permusikan lintas kota yang telah lama di bangun antar komunitas masing-masing.

Ide akan berlangsungnya Geeks Invasion edisi Palembang ini sendiri berawal dari terbangunnya komunikasi antara Prabu (Saturday Night Karaoke / Geeks Invasion) dan Satrio (Sumar / Youth Generator) akan kedatangan Prabu bersama istri pra Idul Adha kemarin. Obrolan jarak jauh ini kemudian sampai kepada pembahasan Saturday Night Karaoke yang pernah ada niatan untuk menunaikan tour nya ke pulau Sumatera, dan salah satu nya kota Palembang jadi incaran mereka. Namun, rencana akan tour ini belum terjadi karena Prabu sendiri akan menggelar konser musik dari Geeks Invasion itu sendiri pada 14 Mei lalu.

Atas dasar jejaring permusikan yang memang sebagaimana telah sering di jalani oleh teman-teman di Palembang sendiri, akhirnya Satrio juga menawarkan untuk bisa mengorganisir konser serupa ala Geeks Invasion dalam balutan edisi kota Palembang. Hal ini di respon dengan sangat baik oleh Prabu dan kemudian menginisasi pertemuan rapat-rapat virtual bersama team dari Geeks Invasion sendiri untuk bisa membahas lebih jauh akan keberlangsungan konser ini di selatan Sumatera.

Gayung bersambut, Satrio juga pernah diceritakan oleh Edo (Ta-B Rock Musik) akan perencanaannya mendatangankan The Rang-Rangs dan The Jansen bisa ‘manggung’ di Palembang. “Edo pernah cerita kalo mau datengin kedua band ini sebelumnya, langsung aja Aku kontak Edo dan ternyata juga punya kesamaan dari visi sampai konsep atas konser yang jadi perencaan mereka”, cerita Satrio. Dari sini, kesepakatan terjalin dan mempersiapkan kebutuhan suatu konser jadi fokus mereka untuk bisa menyelenggarakn Geeks Invasion edisi Palembang.

Kesamaan akan visi juga konsep dari Ta-Ba Rock ini diperkuat dari mimpinya mereka bisa step-up akan pertunjukkan musik pada skala yang sedikit lebih besar lagi. “Tujuan awalnya, biar musik alternatif ini tertuju bukan cuma perkomunitas aja, tapi bisa ngejangkau lebih luas lagi”, pungkas Edo. Dari situ, Ta-Ba Rock hadir menyiapkan konsep akan konser musik berskala medium di Palembang.

Maka dari itu, bersamaan dengan kedatang Prabu ke Palembang karena urusan keluarga, disematkan rangkaian kegiatan sebagai bentuk pengenalan, ‘Introducing: Geeks Invasion’ dengan tujuannya menyapa teman-teman di Palembang akan kedatangan konsep suatu Konser Punk Rock ‘bernyanyi ala Geeks Invasion pada 30 Juli mendatang. Berlangsung di Saiko In Space, tempatnya jam 7 malam jadi pertemuan intim, mengulas banyak hal seputar musik alternatif hari ini.

Pada sesi ini juga, Prabu banyak menceritakan tentang kedatangan Geeks Invasion ke Palembang jadi proyeksi perdana untuk bisa melihat riak-riak menikmati musik dari konsep suatu konser yang tengah mereka hadirkan, khususnya di luar Jabodetabek. “Kita udah punya ‘blueprint-nya’ kalo buat konser di Jakarta dan sekitarnya, tapi untuk Palembang sendiri kalo ini berhasil, bakal jadi ‘blurprint’ baru sendiri untuk bisa berjalan di luar Jabodetabek”, ungkap Prabu. Bisa dikatakan, konser ini jadi project pilot ketika Geeks Invasion akan mendatangi kota-kota lainnya.

Menjadi hal yang menarik lagi adalah ketika Prabu juga menjelaskan mengenai Geeks Invasion sendiri bisa saja dikemudian hari akan jadi perhelatan musik yang terus berlangsung di kota-kota besar, diluar Jabodetabek sebagai lokalisasi para inisiatornya. “Mungkin aja nantinya Geeks Invasion ini jadi IP atau bahkan bisa di jalanin sama temen-temen di luar The Rang-Rangs, Saturday Night Karaoke ataupun dari The Jansen itu sendiri. Gimana pun kedepannya, kita semua bakal liat respon-respon hasil Geeks Invasion dikemudain hari”, cerita Prabu.

Selain sesi berbagi cerita mengenai Geeks Invasion sendiri, kegiatan ini di isi dengan menampilkan Ear to Ear, duo selektor yang membawakan musik-musik bernuansa 90an. Kemudian dilanjutkan sharing session bersama Prabu yang mewakili Geeks Invasion yang juga gitaris dan vokalis dari Saturday Night Karaoke. Di momen ini, Prabu juga memainkan beberapa tembang Punk Rock ‘bernyanyi’ dengan iringan gitar serta memumtar beberapa track dari piringan hitam miliknya. Acara malam itu ditutup dengan menampilkan Gazza yang memainkan lagu-lagu lawas bersama koleksi piringan hitam miliknya.

Artikel Oleh:  Junior Zamrud

Related Post

Contact us

    SOUTH SUMATERA LIFESTYLE AND CREATIVE MAGAZINE

    Contact Us!