Illustration: Bobby Aland

Kepercayaan dan Privasi: Menimbang Pros dan Cons Bertukar Password Media Sosial dengan Pasangan

Saat ini, media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dan media sosial lainnya udah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari banyak orang. Ada banyak hal yang dapat dilakukan di media sosial, mulai dari ketemu kenalan, chat dengan teman, hingga ngeliat apa aja sih yang lagi tren saat ini. Namun, kamu pernah gak sih kepikiran untuk tukeran password media sosial dengan pasangan entah itu pacar, suami atau istri ?

 

Tukeran password media sosial dengan pasangan mungkin untuk beberapa orang gak jadi hal yang umum malah terkesan aneh, tapi hal ini memang terjadi. Ada loh beberapa pasangan mungkin merasa nyaman untuk berbagi password media sosial mereka dengan pasangan mereka, sementara yang lain mungkin tidak ingin membaginya karena alasan privasi.

 

Salah satu alasan utama untuk bertukar password media sosial dengan pasangan adalah untuk membangun kepercayaan di antara keduanya. Karena mudahnya mengakses orang dari mana aja, ada beberapa kasus orang yang memanfaatkannya untuk flirting sana-sini meskipun mereka sudah memiliki pasangan. Oleh karena itu, wajar jika media sosial menimbulkan perasaan insecure bagi beberapa orang. Dengan membagikan password media sosial, pasangan Anda dapat merasa lebih dekat dengan pasangan dan merasa lebih yakin bahwa Anda tidak menyembunyikan apa pun dari mereka. Hal ini juga dapat membuat pasangan merasa lebih aman dalam hubungan. Namun, ada juga beberapa pasangan yang gak nyaman dengan bertukar password karena menganggap setiap orang perlu privasi dan personal space.

 

Jadi, sebenernya tukeran password media sosial dengan pasangan perlu gak sih? Kali ini Cl-ue mengajak teman-teman di Palembang yang punya pasangan untuk menyatakan pendapatnya mengenai saling tukeran password dengan pasangan.

Dewi Ratna

Barista

Menurutmu penting gak sih dalam hubungan jika bertukar password media sosial dengan pasangan?

to be honest for me penting gak penting ya bertukar password sometimes aku suka aja buka IG suami cuma buat liat IG dia apasih isinya kan kadang apa yang sering kita tonton itu mulu yang lewat beranda or explore just for it sihh, bukan yang kepo dia DMan sama siapa atau history search nya siapa

 

Apakah kamu menganggap privasi sebagai hal yang penting dalam sebuah hubungan?

NO! for me privacy is NOTHING wkwk apalagi untuk yang sudah menikah, apalagi yang mesti di privasiin? isi dalem2 aja udah tau, so why u need privacy?

 

Apakah kamu percaya bahwa bertukar password media sosial dengan pasangan dapat memperkuat atau merusak hubungan?

I don’t think so! banyak hal yang bisa merusak suatu hubungan dan banyak hal pula yang bisa di lakukan untuk memperkuat suatu hubungan, I think communication is always a good thing.

 

Ada gak pengalamanmu kena masalah dalam hubungan Anda karena bertukar password media sosial dengan pasangan?

Sejauh ini hampir 7 tahun kenal suami tapi belum pernah bertengkar apalagi cuma grgr password sosmed. Lucu aja sih kalo sampe ada yang berantem wkwk

 

Kamu punya saran atau tips gak bagi pasangan yang ingin bertukar password media sosial dalam hubungan mereka?

I think every people have their own maindset.but, dari dulu saya dan suami selalu SALING PERCAYA untuk segala hal apalagi sosmed ( yang menurut kami tdk terlalu penting ) selalu jaga komunikasi baik, jika pasanganmu gemar bercerita apapun cobalah untuk jd pendengar yang baik, ada waktu untuk bermain sosmed bersama, selalu adakan bed time story sebelum tidur walaupun mungkin cuma cerita seputar kerjaan ( bed time story bagi yang udh nikah doang ya ), selalu berfikir positive! positive vibes can make u feel better daily.

Angga Hani

Desainer Grafis

Kamu pernah gak tukaran password media sosial dengan pasangan Anda?

Pernah sih?

 

Apa alasan Anda untuk bertukar password media sosial atau gak bertukar sama sekali dengan pasangan Anda?

Sekedar building trust aja, itupun temporary. Ga selamanya. Cuma untuk membuktikan saya tidak main” dengan dia.

 

Kamu ngerasa nyaman gak bertukar password media sosial dengan pasangan Anda?

Ga nyaman, karena sekalipun memiliki pasangan tetap privasi dgn diri kita pribadi harus ada. Itu sekaligus utk melatih utk tidak mudah berprasangka buruk kepada pasangan, dan melatih saling percaya satu sama lain.

 

Menurutmu apa risiko dan keuntungan dari bertukar password media sosial dengan pasangan?

Keuntungan yg didapat pun bersifat semu. Tidak selamanya. Karena diperlukan validasi berulang kali oleh pasangan kita bahwa kita memang tidak bermain dibelakang dia. Justru itu bisa jadi resiko “kecurigaan/prasangka buruk” berkepanjangan terhadap pasangan. Yg menjadi awal hubungan yg tidak harmonis.

 

Menurutmu penting gak sih dalam hubungan jika bertukar password media sosial dengan pasangan?

Gak terlalu penting sih

Apakah kamu menganggap privasi sebagai hal yang penting dalam sebuah hubungan?

Penting, sekalipun dengan pasangan kita. Karena kita pun dilarang utk saling menaruh curiga dan mengharuskan tiap pasangan utk bertukar password medsos. “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain.” (QS. Hujurat: 12)

 

Apakah kamu percaya bahwa bertukar password media sosial dengan pasangan dapat memperkuat atau merusak hubungan?

Merusak hubungan. Karena menurut saya memperkuat hubungan itu dengan kepercayaan. Bukan dengan prasangka/kecurigaan. Saling bertukar password adalah “produk” dari kecurigaan terhadap pasangan. Dan sifat “suudzon” seperti itu adalah hal yg dilarang dalam islam.

 

Ada gak pengalamanmu kena masalah dalam hubungan Anda karena bertukar password media sosial dengan pasangan?

Ada. Hubungan yg dijalani pun kurang harmonis, karena selalu ada rasa curiga.

 

Kamu punya saran atau tips gak bagi pasangan yang ingin bertukar password media sosial dalam hubungan mereka?

Ga perlu ya adik”. Ga ada manfaatnya, cuma banyak mudharatnya🙂 inget aja kata Rasul kita yg ga pernah bohong..

Jauhilah prasangka, karena sesungguhnya prasangka adalah seburuk-buruknya perkataan”. (HR. Bukhari & Muslim). udah. Cukup kita usaha aja utk saling menumbuhkan rasa percaya melalui perkataan dan tindakan. Itu lebih baik. Realistis dan optimisnya seimbang. Soal pasangan kita yg benar” setia atau tidak itu diluar urusan kita. Setidaknya lakukan apa yg kita bisa dgn pasangan, dan serahkan hasilnya kepada Sang Pemilik Hati

Aditya Dinata

Social Media Analyst

Kamu pernah gak tukaran password media sosial dengan pasangan Anda?

Pernah sih?

Pernah pas berjalan 1 tahun pacaran. Setelah itu merasa kalo ini cara yang sangat salah

 

Menurutmu apa risiko dan keuntungan dari bertukar password media sosial dengan pasangan?

Tidak ada untungnya sama sekali, justru itu sumber penyakit / nyari penyakit. Banyak berantem nya kalo udah saling tukar password dan saling pegang sosial media.

 

Menurutmu penting gak sih dalam hubungan jika bertukar password media sosial dengan pasangan?

Engga penting penting amat ya, sebenarnya tujuan awal bertukar password sosial media itu untuk saling mencegah dan menahan pasangan kita tidak DM-an & follow”an dengan lawan jenis, kemudian munculnya tidak adanya kepercayaan diantara pasangan tersebut.

Terlepas dari apapun pilihan kamu dan pasangan, privasi tetap menjadi hal yang penting dalam sebuah hubungan. Pasangan kamu harus menghargai privasi Anda dan mempercayai Anda untuk membagikan informasi yang diperlukan dengan mereka. Selalu berbicara terbuka dengan pasangan kamu tentang harapan dan batasan Anda dalam hubungan agar hubungan tetap sehat dan bahagia. Penting untuk diingat bahwa setiap hubungan berbeda-beda, dan keputusan untuk bertukar password media sosial dengan pasanganmu adalah keputusan yang harus kita buat bersama-sama. Jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan manfaat dan risiko, dan selalu berbicara dengan pasangan kamu tentang harapan dan batasan Anda dalam hubungan.

Artikel Oleh:  Bobby Aland

Related Post

Contact us

    SOUTH SUMATERA LIFESTYLE AND CREATIVE MAGAZINE

    Contact Us!