Foto: Junior Zamrud

Sesi Mendengarkan Album 'Further Memoire' Milik Sawibeatz dalam Format Vinyl

Sepulangnya dari seputaran Jawa Tengah di Februari kemarin demi menyelesaikan proses rekaman bersama Rapper asal Ende, Nusa Tenggara Timur, Farhan a.k.a Sawibeatz sebagai produser dan juga beatmaker ini memang dikenal produktif dalam menciptakan karya. Salah satunya telah di rilisnya Long Play album di Januari lalu. Sawibeatz yang di gaet Dezibelle Records, label dari Berlin, Jerman ini melahirkan ‘Further Memoire’ dalam format vinyl.

Menyambut rilisnya album tersebut, Sawibeatz yang juga sebagai artisan dari clothing lokal bernama Luck Room, bersama House of Luck, Soloverss dan juga cl-ue ini berkolaborasi dan menyajikan perhelatan Listening Session yang telah berlangsung pada hari Kamis, 16 Maret kemarin. Momen mendengarkan vinyl dari album Sawibeatz ini berlokasi di tengah-tengah toko dari Luck Room dengan set up minimalis turntable vinyl, Dj controller dan juga sampler.

Ajang mendengarkan rilisan ini juga di iringi oleh Trend Major sebagai beatmaker yang memainkan Low-fi Hip Hop dengan sampler Roland SP-404. Selain itu juga menampilkan Golf, Disc Jockey dari grup musik elektronik bernama Soloverss. Dimulai jam tujuh malam, pengunjung yang datang sangat terkurasi sebagai peminat dari musik dan rilisan yang dihadirkan oleh Sawibeatz, Trend Major dan juga Golf.

Ide awal dari acara Listening Session ini berangkat dari buah pikir Farhan yang ingin mengedepankan proses kreatif dalam memainkan musik sebagai beatmaker dengan genre Low-fi Hip Hop. “Banyaknya beatmaker yang perform memang memainkan album vinyl-nya dan juga di tambahkan dengan sampler-sampler sebagai nuansa dari bagian musik yang dimainkan”, cerita Farhan saat menjelaskan kenapa dalam perilisan album ini, Ia berinisiasi memainkan langsung album vinyl-nya di depan pengunjung.

Ia juga menambahkan, “knowledge ini memang sengaja kita tampilin biar orang tau, ada produser musik dan juga beatmaker yang sampai merilis karyanya dalam format vinyl dan di mainkan langsung diatas turntable”. Adanya tambahan scratching dan juga sampling menambah nuansa Low-fi Hip Hop lebih menonjol. Itu yang juga menjadi alasan, ada nama-nama seperti Trend Major dan Golf yang juga ikut meriahkan dalam momen Listening Session dari album milik Sawibeatz.

Sebagai tambahan, album ini merupakan rilisan vinyl yang pernah beredar dan juga berasal dari musisi lokal Palembang sendiri. Sebelumnya, ada Auman yang pernah di riliskan vinyl oleh labelnya dan juga Trendy Reject yang juga pernah merilis dalam format piringan hitam ini. Bisa dikatakan, tidak banyak musisi yang pernah melahirkan karya fisik berupa vinyl yang memang tidak mudah untuk di produksi skala Indonesia sendiri. Bisa dilihat, album Sawibeatz ini sendiri pun dirilis oleh label asal Jerman. Hal ini menjadi catatan, bahwa ada pegiat musik yang memang dengan fokusnya bermain pada ranah serius, salah satunya produser dan beatmaker Sawibeatz.

 

Related Post

Contact us

    SOUTH SUMATERA LIFESTYLE AND CREATIVE MAGAZINE

    Contact Us!