Foto: Junior Zamrud

Perhelatan Akbar dari Event Kolaborasi JakCloth x December Atmosphere 2023

Setelah lama tidak hadir di Palembang, kali ini JakCloth berkolaborasi bersama December Atmoshpere yang diinisiasi oleh HNDM Organizier dan sukses memberikan nuansa baru dalam event kreatif, memadukan antara musik, bazar makanan dan minuman, serta fashion yang diminati pengunjung kota Palembang.

Perhelatan yang telah lama dinanti pun kembali hadir di Palembang dengan adanya December Atmosphere, menjadikan sensasi hiburan musik, bazar makanan dan juga fashion jadi daya tarik pengunjung, khususnya para anak muda kota Palembang. Bisa dikatakan, 10 tahun yang lalu JakCloth sendiri sering menjalankan event akbar milik meraka yang berkolaborasi dengan Event Organizer lokal. Dimulai tahun 2013, JakCloth perlahan hadir tiap tahunnya menghadirkan banyak rangkaian acara dan penampilan band-band yang tengah ramai jadi kegemaran anak muda Palembang

Terhitung, Palembang sendiri telah mengadakan event kolaborasi bersama JakCloth ini sejak tahun 2013, 2015, 2016 dan tahun 2017. Pasca dari itu, barulah di akhir tahun 2023 kembali hadir dan menggaet HNDM Organizer dan dirancang menjadi December Atmosphere. Mengedepankan inovasi dan juga jadi estafet dalam menjadikan suasana event Palembang yang dirasa sudah lama tidak memadupadankan antara musik, bazar makanan dan juga fashion. HNDM Organizer sendiri adalah pemegang lisensi resmi  JakCloth 2023 di Palembang dan menghadirkan Threesixty, band Skatepunk asal Panjang, Lampung dan juga menampilkan Last Child, asal Jakarta.

Aktivasi di acara ini punya beragam daya tarik, dimulai dari Sunday Morning Riding di waktu pagi, JakCloth x December Atmosphere juga berisikan perlombaan anak diusia dini. Berlangsung di Jakabaring Sport City, selain juga menampilkan musik dari luar kota, JakCloth x December Atmosphere yang berlangsung hari Minggu, 10 Desember ini menghadirkan banyak musisi Palembang. Berjalan secara tepat waktu, dimana punya rundown dan dimulai pada jam dua siang. Penampilan pertama dari Mochan Pepin, sebagai band pendatang baru jadi awal event ini mulai di padati oleh pengunjung.

Penampilan kedua dilanjutak oleh Yellow Poops yang punya hits di lagu Dendy Trendy (Boy), aksi panggung mereka menjadikan arena penonton mulai merasakan kemeriahannya walaupun acar baru saja dimulai kurang lebih hapir satu jam sebelumnya. Ramainya pengunjung juga memecahkan suasana dari penampilan Sunwish yang memiliki vokalis perempuan dan memang jadi daya tarik tersendiri dari band ini.

Setelah break untuk ibadah Ashar, penampilan musik dilanjutkan oleh Ringam, band asal Indralaya yang jadi satu-satunya penampilan musik cadas di panggung ini. Waktu sore yang semakin dipadati pengunjung ini juga dimeriahkan oleh Brassmonkey yang memainkan genre Alternative Rock. Penampilan dari band ini juga membawakan cover lagu berjudul Pesimistik milik Anita, band veteran tahun 2000an asal Palembang. Terkhir, sebelum break maghrib dimeriahkan oleh Rakyat Civil yang mengajak penonton untuk ikut nyanyi karaoke bersama dengan playlist yang mereka hadirkan.

Pengunjung juga dimanjakan dengan banyaknya pilihan makanan juga minuman yang jadi sensasi keseruan di acara ini. Dimana juga ada banyak tenant-tenant dari clothing Palembang dan juga kota luar yang ikut meramaikan JakCloth x December Atmosphere di akhir tahun ini. Terlebih, event ini juga punya tajuk End Year Sale yang jadi strateginya memancing banyak animo untuk berbelanja dengan potongan harga. Setelah break maghrib, acara musik juga kembali berlanjut dengan menampulkan dua grup musik Palembang dan dua penampil sebagai guest star.

Ada CSF (Chicken Shit Flower) yang memecakkan suasana malam yang sangat ramai di Jakabaring Sport City. Grup musik yang sebelumnya lama hiatus, ditahun 2023 ini mereka kembali hadir dengan format baru yang lebih segar namun tetap memabawakan lagu-lagu andalannya, seperti Saturday Nite’. Kemudian, penampilan terakhir dari musisi Palembang dari Hutan Tropis yang sudah lama ditunggu akan kemegahan lirik dan suasana nyanyi bersama di lagu-lagu milik mereka. Para penonton yang terdengar keras menggema akan nyanyian dari lirik milik Hutan Tropis memecah malam jadi begitu lebih syahdu.

Malam berlanjut dengan penampilan dari Threesixty yang memainkan genre Skate Punk ini punya karakter lirik nan puitis namun dibalut dengan musik kencang. Para penggemar mereka yang disebut Threesixty Friends telah memadati area depan panggung dan mementang banner bertuliskan sanjungan akan band ini. Basis penggemar yang kuat jadi kemeriahan akan penampilan di panggung JakCloth x December Atmosphere.

Terakhir, Last Child yang jadi puncak acara ini benar-benar jadi daya tarik terbesar bagi pengunjung yang datang. Penampilan Virgoun dan kawan-kawan dengan lirik yang benar-benar menyayat hati terdengar dari teriakan penonton yang menyanyikan lagu-lagu dari mereka. Pertujunjukan dari Last Child malam itu menutup kemeriahan dari perhelatan akbar JakCloth x December Atmosphere 2023.

Suksesnya acara ini juga jadi pertanda, keseriusan penyelengara yang mendatangkan kembali JakCloth ke Palembang jadi caranya memberikan inovasi-inovasi baru di fenomena acara-acara musik di kota ini. Dengan segala perencanaan disiapkan, ditambah akan beberapa gejala hingga kendala yang ada, HNDM Orginizer juga berencana akan tetap menghadirkan JakCloth ini di tahun 2024 mendatang. Wujud konsistensi ini patut diapreasi dan jadi pembelajaran awal, menghadirkan naunsa musik, bazar makanan dan minuman, serta lini sandang ini masih jadi daya tarik pengunjung hari ini.

Artikel Oleh: Fauzan Alkap

Related Post

Contact us

    SOUTH SUMATERA LIFESTYLE AND CREATIVE MAGAZINE

    Contact Us!