Illustration: Yudistira Wiranata

Beli Kaos Bootleg, Boleh Gak Sih?

Istilah bootleg ini sering digunain oleh para kolektor buat menamai kaos-kaos band unofficial yang dibuat sendiri maupun oleh orang lain.

Munculnya merchandise yang bootleg bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari harga official merchandise yang relatif lebih mahal, susah dapetin akses buat beli kaos orisinilnya dan bisa jadi juga karena bandnya overhyped, akhirnya dibajak.

Gak cuma baru-baru ini aja produk bootleg banyak kita jumpai di e-commerce, sebenernya udah dari dulu merchandise bajakan ini menjamur di pasaran. Tapi banyak dari kita enggak terlalu masalahin karena produk-produk yang dipalsuin itu dari band-band luar negeri.

Belakangan di Indonesia lagi rame ngebahas merchandise yang enggak ori dari band lokal dan diproduksi sama orang yang gak bertanggung jawab. Karena itu, kali ini cl-ue coba nanyain ke orang-orang yang masih bersinggungan dengan musik dan merchandise mengenai kasus kaos bootleg ini.

Rezky Pratama

Pekerja Kreatif, Drummer for LEFT, PARADOXAL, AIRCRAFT901. Part of MORON BROTHERS
Rezky Pratama
  1. Pernah bikin / beli kaos bootleg gak? Bisa ceritain gak gimana?
    Gue pernah sih beli kaos bootleg. Kenapa gue beli bootleg? Karena gue tuh ga nemuin sama sekali official merchandise dari band yang gue beli si kaosnya ini. Kalo memang ada yang original/official sih pasti gue dengan bangga dan senang hati beli yang official dong ekekekek!

  2. Setuju gak sama merchandise bootleg? Kenapa?
    Setuju ga setuju sebenernya. Setuju, kalo emang bandnya ga ngeluarin merchandise apa-apa tapi kita suka banget sama bandnya. Kalo kasusnya kayak gitu, gue ngeliat bootleg sih jadi aktifitas kreatif dari sisi fans. Ga setuju, kalo bandnya emang ngeluarin merchandise official buat jadi salah satu sumber pendapatan mereka juga, jadi fans yang beli merch official itu fans yang emang mau support band nya.

  3. Apa sih yang bikin orang beli kaos bootleg?
    Ada beberapa faktor sih sebenernya. Pertama, emang bandnya ga ngeluarin merchandise atau emang bandnya udah terlalu tua/obscure untuk produksi merch lagi. Kedua, daya beli orang-orang beda-beda, ga semua orang bisa beli merchandise yang official. Yang ketiga, barang bootleg yang dibikin sama fans biasanya beda desainnya sama yang official sehingga bisa jadi alternatif untuk pembeli. Yang keempat nih mungkin pembeli ga bisa bedain mana yang official mana yang bootleg karena emang ga ngerti bedanya hahahaha!

  4. Kaos bootleg hampir rata-rata lebih murah dari kaos orisinil, menurut kamu itu nguntungin yang beli gak sih?
    Untung mah pasti untung, orang dia beli lebih murah. Cuma ya kalo bener-bener TRUE FANS pasti dia milih beli yang official meski lebih mahal sekalipun. Pridenya kan beda juga bradeeeeerrrr!!!!

  5. Ada masukan untuk band / musisi biar merchandise mereka gak banyak yang bikin bootleg nya?
    Naikin kualitas produknya lebih oke dan lebih relevan. Sama paling menurut gue urusan merchandise band ini juga kan urusan soal hubungan antara band dan si fansnya juga. Jadi bandnya juga harus paham kebutuhan dan daya beli fans.

Ni Luh Dewi Andriani

Buruh Harian Tengah Kota
  1. Pernah bikin / beli kaos bootleg gak? Bisa ceritain gak gimana?
    Aku pernah beli t-shirt bootleg, kalo ndak salah STREET VOICE, terus EXPLOITED, sama GAMELAN OINK, itu awal-awal banget, dah lama banget, awal-awal aku nongkrong dan mengenal culture yang aku geluti sekarang. Semuanya band-band streetpunk, dari yang di Jakarta sampai Scottish itu. Tapi aku ndak juga tau kalo itu tuh bootleg, baru taunya yah di kemudian hari.
    Terus juga, pas juga pernah, aku bikin sendiri tshirt IRON LUNG, band powerviolence dari Amerika. Terus juga, yang paling terkini dan baru, yah tshirt film STRANGER THINGS. Aku rela bikin sendiri, mesen sablon satuan, karena memang aku gak tau gimana cara dapet tshirtnya dari kedua produk kultur yang aku sukain itu.

  2. Setuju gak sama merchandise bootleg? Kenapa
    Aku kan akhirnya tumbuh di kultur hardcore/punk, yang mana kultur nge-bootleg itu sendiri sangat lumrah dan bisa dibilang biasa banget. Yah, memang, akhirnya pada penerapannnya juga banyak yang aneh-aneh lah.
    Aku inget, pernah ada kejadian band legend DOOM pas tur ke Indonesia, dia lumayan marah sampi nendangin beberapa lapakan bootleg. Yah dia marah, karena menurutnya untuk band DIY/Hardcore Punk seperti mereka, yang tidak mematok panggung, atau juga mencari panggung, yah menghidupi  bandnya dari merchandise. Jadi dia merasa dikhianati saja dengan dieksploitasi merchandisenya.
    Balik ke aku pribadi, yah aku berfokus pada motif dan alasan bootleg sendiri. Kalo memang untuk kebutuhan pribadi, pada banyak kasus, minta izin ke bandnya langsung malah dibolehin. Tapi kalo sudah sampai level meraup keuntungan untuk diri sendiri secara massal dan besar-besaran, yah jadinya emang kayak eksploitasi sesuatu aja, plus itu kan nge ripp-off atas sesuatu yang kita senangi.
    Mungkin ada beda juga yah, dengan fan-made, atau juga tshirt film yang dicetak terbatas. Karena memang, itu jadi karya baru.

  3. Apa sih yang bikin orang beli kaos bootleg?
    Aku gak tau orang lain yah, tapi kalo berkaca ke diri aku sendiri, kayaknya yah memang karena gak ada yang jual, susah dibeli, atau malah emang gak tau mau nyarinya di mana

  4. Kaos bootleg hampir rata-rata lebih murah dari kaos orisinil, menurut kamu itu nguntungin yang beli gak sih?
    Kalo aku gak sih begitu. Malah kaos bootleg lumayan hitungannya, karena yah memang produksi satuan dengan kualitas yang aku pengen sendiri. Tapi entah orang lain yah, mungkin kalo hitungannya ekonomi, yah untung yah kali.

  5. Ada masukan untuk band / musisi biar merchandise mereka gak banyak yang bikin bootleg nya?
    Gak usah dipikirin. Bajakan, bootleg dan semacamnya kan emang udah ada dari dulu. Yah bikin aja karya, tshirt,  atau merch yang memang punya value, dan dirasa worth it untuk diperoleh. Bikin setiap dari penikmat karya kita, memang lebih milih untuk beli yang orisinil.
    Yah karena, pada akhirnya mungkin kita akan fokus ke market kita masin-masing. Di luar itu, kita gak pernah kontrol.

Aswhin Marmanto

Penggiat Musik
  1. Pernah bikin / beli kaos bootleg gak? Bisa ceritain gak gimana?
    Beli pernah, udah lama banget. Kaos Deftones (Star & Pony Worldwide). Dulu pas kebetulan aja lagi liat-liat di sebuah store offline, kaos ini waktu itu kayak jarang aja yang pakai di tongkrongan dan saya juga belum pernah punya kaos Deftones, dan kebetulan tinggal sisa 1 jadi iseng aja beli. Padahal size nya gede banget waktu saya pakainya aja kegedean. Kalo di inget2 lagi kaos ini terakhir saya kasih ke temen.

  2. Setuju gak sama merchandise bootleg? Kenapa?
    Cukup pro dan kontra juga ya, tapi sejujurnya ya saya kurang setuju. Cuma balik lagi, seringkali memang kaos band luar juga kendalanya sering susah di dapet, apalagi kalau bandnya cukup underrated, udah hiatus / bubar dan merchandise-nya terbatas. Jadi mungkin saya pun punya sedikit toleransi lah ya, tapi kalau semisal bandnya memang sudah ngetop, popular, dan punya nama besar mungkin ya sedikit aja toleransinya buat bootlegnya. Karena memang fenomena band gede tuh gitu gak bisa dipungkiri bakal banyak yang nyetak bootlegnya. Cuma buat band Indonesia, nah kita semua ya wajib banget lah beli merchandise originalnya.

  3. Apa sih yang bikin orang beli kaos bootleg?
    Nah related sama pertanyaan sebelumnya, problem kenapa orang beli bootlegnya biasanya ya karena:

    – Merchandise nya terbatas
    -Jarang yang jual
    -Kalaupun ada harganya lumayan tinggi.

    *(itu kalau dari sudut pandang saya ya).

  4. Kaos bootleg hampir rata-rata lebih murah dari kaos orisinil, menurut kamu itu nguntungin yang beli gak sih?
    Sebagai user, menurut saya sih membeli kaos bootleg dengan alasan karena lebih murah daripada kaos original itu gak nguntung-nguntungin banget. Karena membeli kaos original juga punya point2 plus yang gak sepadan rasanya bila di compare cuma dari sisi harga. Dari sisi kualitas sablon / material, kaos original biasanya lebih bagus sehingga lebih awet. Nyaman dan pede dipakai karena official merchandise. Secara nilai, kaos ori untuk jangka panjang punya nilai investasi. Dan tepat sasaran aja, karena profitnya tentu buat keberlangsungan dan produktivitas band yang kita sukai tersebut.

  5. Ada masukan untuk band / musisi biar merchandise mereka gak banyak yang bikin bootleg nya?
    Mungkin produksiannya, jadi lebih dimatengin dari kualitas material dan designnya aja. Kalau design nya oke, material kaosnya bagus dan band nya banyak yang suka, kita sebagai fans pasti beli kok kaosnya. Terus juga lebihin kuantiti produksinya, jangan dikit banget bikinnya, biar para fans yang beneran pengen beli juga bisa kebagian. Sama jual dengan harga yang relevan aja.

So, nyetak merchandise yang bootleg tuh boleh aja asal enggak untuk komersil yang bisa ngerugiin bandnya. Terpenting, jangan juga lupa buat izin ke bandnya dulu sih ya. Perkara nge-bootleg kaos band ini, intinya ya kondisional aja gitu.

Artikel Oleh:  Yudistira Wiranata

Gazza, Tabarock Musik

Related Post

Contact us

    SOUTH SUMATERA LIFESTYLE AND CREATIVE MAGAZINE

    Contact Us!