Foto: Svvara

‘Separated Ways’ jadi Single Teranyar milik Svvara

Kuartet indie-pop asal Palembang ini kembali melepas single terbaru milik mereka secara mandiri berjudul Separated Ways. Grup musik yang digawangi oleh Farid (vocal, guitar), Erik (guitar), Amad (Bass), dan RM (drum) ini secara serius menggparap amunisi pada komposisi musik yang lebih solid. Single terbaru dari mereka jadi penanda, langkah awal dalam menggarap album perdana yang sedang mereka ramu secara matang.

Setelah merilis single berjudul Slave Love pada Februari 2020 lalu, dilanjutkan dua tahun berselang Svvara melahirkan debut Extended Play perdana bertajuk Chromatic Side pada Februari 2022. Dewasa ini, mereka coba memperkenalkan perspektif bermusik yang lebih segar namun tetap konsisten dalam mengusung genre yang sama  secara keseluruhan. Tepatnya pada hari ini 23 Juni 2023, Svvara merilis Separated Ways yang diproduksi dengan menggabungkan interpolasi delay dan juga chorus serta sentuhan yang cukup memberikan warna baru dalam komposisi musik ala Svvara.

Lagu ini mengisahkan dimensi hubungan antar manusia yang kerap diwarnai perselisihan dan tak lain bermuara pada sisi egoistis tiap individunya, sehingga keputusan yang paling memungkinkan adalah perpisahan untuk akhir yang lebih baik. Terlepas dari itu, judul lagu ini juga hasil gubahan dari Rian Pelor (musisi / jurnalis musik, pemilik label Rimauman Music yang saat itu sedang menyaksikan Svvara membawakan single ini secara untitled di sebuah pekan pertunjukan.

Sama seperti Extended Play sebelumnya, proses rekaman dari lagu Separated Ways juga kembali dilakukan Svvara di Green Room Studio dan dibantu oleh Bambang Bimo Prakoso sebagai recording engineer yang juga mengisi selaku departemen mixing serta mastering di lagu ini. Sementara itu, pada departemen artcover, Svvara mengandeng Aldy Nugraha melalui arsip fotografi analognya, dimana fotografer satu ini yang juga sedari awal telah banyak mendokumentasikan perjalanan Svvara baik saat sesi manggung sampai kepada fokusnya mengembangkan visual dari Svvara sebagai band indie-pop.

Jadi sebuah babak yang baru bagi Svvara, dimana tahun ini mereka sendang mengejar banyak materi untuk bisa menuntaskan album perdana mereka yang sudah lama dikerjakan. Eksplorasi musik yang lebih serius dan melalui Separated Ways, Svvara memperkenalkan nuansa segar kepada pendengar musik lokal juga nasional, sebagai jembatan yang sedang mereka siapkan akan rilisan di masa depan.

Artikel Oleh:  Junior Zamrud

Related Post

Contact us

    SOUTH SUMATERA LIFESTYLE AND CREATIVE MAGAZINE

    Contact Us!