Illustration: Bobby Aland

Menggali Keberadaan Agensi Kreatif di Palembang Beserta Tantangannya

Palembang merupakan salah salah satu kota terbesar di Indonesia dan kedua di Sumatera setelah Medan. Sebagai salah satu kota besar harusnya Palembang cukup punya potensi dalam pengembangan industri kreatif. Salah satu elemen penting dalam pengembangan industri kreatif adalah keberadaan agensi kreatif. Adanya agensi kreatif dapat membantu masyarakat atau perusahaan dalam menghasilkan solusi kreatif yang efektif. Namun, meskipun punya potensi yang cukup besar. Eksistensi agensi kreatif di Palembang masih dihadapkan pada berbagai tantangan dan hambatan. Terbukti setelah banyak bermunculan, ada beberapa dari agensi kreatif di Palembang terlihat sulit berkembang dan survive.

Rinni Malik

Producer, Radio Personality & Professional Master Of Ceremony

Kamu tau gak creative agensi apa aja yang ada di kota ini? Jika iya, apakah Anda dapat memberikan contoh atau menyebut beberapa creative agensi yang ada di Palembang?

Bicara soal agensi kreatif di Palembang udah tumbuh subur ya. Yang aku tau ada Serangkai Creative Agensi, Marco Digital Partner dan masih banyak lagi

 

Menurut kamu, apa saja tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh creative agensi di Palembang? Apakah ada faktor-faktor khusus yang membuatnya sulit bagi mereka untuk berkembang?

Untuk poin yang kedua ini pendapatku mengenai apa saja tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh kreatif agensi di Palembang. Apakah ada faktor motor khusus yang membuat sulit untuk berkembang gitu Aku rangkum menjadi lima poin.

Poin yang pertama adalah saingannya ketat gitu loh, persaingan yang ketat. Jadi industri kreatif itu kan sering kali kompetitif. Yang curiga dengan banyak agensi yang kayaknya berlomba lomba untuk dapetin klien dan proyek. Tapi menurut ku persaingan yang ini itu bisa jadi kayak Tantangan bagi agensi kreatif untuk gimana ya caranya untuk membedakan diri gitu. Apa nih pembedanya dari pesaing? Jadi klien tuh jadi muda, ingat gitu, kayak ada signature nya sendiri gitu kan.

Yang kedua keterbatasan sumber daya agensi kreatif kan perlu tim yang oke cuy, kayak harus powerful dari bakat dan lain lain. Belum lagi peralatan, belum lagi hal anggaran, terus juga yang spiritnya oke buat jalan bareng gitu. Hal ini juga menurut ku batasin gitu, jadi jadi membatasi kemampuan agensi untuk tumbuh salah satunya.

Terus yang ketiga adalah perubahan teknologi dan tren. Jadi industri kreatif ini kan sangat dipengaruhi oleh perubahan teknologi gitu dan juga tren terbaru. Jadi agensi kreatif itu harus praktis gitu. Biar konten yang ditawarkan sama pelajaran fresh terus gitu kan.

Terus yang keempat adalah keterbatasan pasar lokal. Nah kalau pasarnya aja udah terbatas ini jadi kaya. Sulit bagi agensi untuk memperluas basis klien gitu kan. Untuk ngembangin apa kreatif mereka usaha mereka gitu.

Yang kelima adalah kesadaran dan kaya pendidikan klien gitu ya. Menurutku berapa klien mungkin kurang punya pemhaman yang jelas tentang kebutuhan sama benefit apa yang dikasih sama agensi kreatif gitu. Makanya agensi dipalembang, kayaknya mungkin perlu untuk mengedukasi klien tentang nilai yang mereka tawarin, sehingga mereka memahami peran kreatifitas, apalain untuk strategi pemasaran dan juga bisnis yang klien punya gitu.

 

Bagaimana Anda melihat eksistensi creative agensi di Palembang? Apakah Anda merasa bahwa kreatif agensi memiliki peran penting dalam pengembangan industri kreatif di kota ini?

Nah, ini pun yang ketiga pendapatku mengenai eksistensi kreatif agensi dan juga peran penting apa dalam pengembangan industri kreatif di kota Palembang? Nah mengenai eksistensi, kalau dariku dari skala nih ya lima sampai sepuluh aku taruh di tujuh dulu deh. Karena memang kayaknya kita perlu edukasi dulu. Kenapa nih sebuah brand harus pakai kreatif aja. Memasar ngasih tahu lah kepada apa namanya semua brand Kenapa harus kerja sama sama kreatif?

Walaupun yang aku lihat beberapa aja sih udah kerja sama bareng sama pemerintahan gitu salah satunya dan masih banyak juga bidang yang lain. Nah kalau untuk berapa alasan beberapa alasan mengapa kreatif agensi itu penting, apalagi untuk industri kreatif aku bagi jadi empat poin. Yang pertama itu pusat kreativitas ya, karena menurut ku kreatif agensi itu kayak menyatukan orang orang yang memiliki bakat skill dalam desain, misalnya pemasaran media, bidang kreatif lain. Jadi ajang di sini jadi kayak kolaborasi dan inovasi gitu. Untuk hasil ide ide baru dan solusi kreatif yang mendorong perkembangan industri kreatif.

Karena menurut ku dari kreatif agensi itu kan nawarin layaran kreatif yang terpadu tuh kek layanan mereka ya kayak ngembangin strategi pemasaran, menciptakan identitas merek atau branding gitu. Merancang apa materi promosi, ngasilin konten visual dan digital. Dengan menyediakan layanan ini gitu, agensi ngebantu klien banget untuk manfaatin potensi penuh, apalagi untuk branding produk mereka, masarin produk mereka atau layanan mereka secara optimal dan efektif gitu. Yang poin ketiga adalah pertumbuhan ekonomi.

Industri kreatif juga bisa banget jadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi. Apalagi di suatu kota ya atau wilayah gitu kreatif efisiensi kan menurut Kok bisa berperang, ciptain peluang bisnis, menarik investor juga investasi gitu dan menciptakan lapangan kerja kan dengan menyediakan layanan kreatif yang oke, agensi kreatif itu bisa membantu pelaku bisnis lokal untuk meningkatkan daya saing mereka gitu, memperluas networking dan juga menciptakan dampak ekonomi yang nantinya sistem terus oke gitu. Untuk Palembang terus yang ke empat menurut ku adalah pengembangan talenta kreatif, Perannya ada. Kenapa di sini adalah kayak jadinya kreatif agensi kasi pelatihan kan dan kesempatan untuk desainer, fotografer, penulis

Profesional kreatif untuk mengembangkan kalian mereka dan nggak cuma bermanfaat bagi personal atau individu, tapi juga memperkuat basis talenta kreatif di Palembang. Jadi kayak menciptakan ekosistem gitu yang lebih kuat dan sustain untuk industri kreatif.

 

Apakah kamu melihat potensi pertumbuhan bagi creative agensi di Palembang? Jika ya, sektor atau bidang apa yang menurut Anda memiliki peluang yang baik untuk dikembangkan agensi kreatif disini?

Ini opini ku untuk di poin yang keempat mengenai potensi pertumbuhan kreatif agensi di Palembang. Terus sektor apa yang punya peluang oke untuk dikembangin, untuk agensi kreatif di sini gitu. Nah kalau mulai dari Palembang gitu ya kota yang berkembang, yang punya populasi yang besar gitu ya punya potensi pertumbuhan yang oke banget buat kreatif aja sih. Apalagi dengan sektor dan bidang yang peluangnya oke gitu untuk dikembangin.

Di Palembang menurut ku adalah satu. Kita punya pariwisata. Palembang itu punya warisan budaya yang kaya, terus juga atraksi wisata yang menarik, kayak Jembatan Ampera kompleks makam Sultan Mahmud Badaruddin dua. Jadi aja sih kreatif bisa bantu dalam pengembangan identitas brand wisata gitu. Desain promosi, pengembangan konten digital akan pengalaman wisata yang unik untuk memikat lebih banyak wisatawan gitu dan dan ningkatin sektor pariwisata. Terus industri makanan dan kuliner ini paling terkenal memasarkan tradisionalnya gitu kan telur. Nah, agensi kreatif nih bisa membantu produsen makanan lokal dan desain kemasan produk untuk branding apa promosi kuliner dan pengembangan konten digital untuk meningkatkan daya saing dan memperluas pasar.

Nah gitu, yang ketiga itu fashion dan gratis busana sorry fashion dan kreativitas busana gitu. Maksudnya industri fashion sama kreativitas di Palembang tuh terus berkembang gitu kan cuy. Banyak juga desainer desainer asal Palembang yang udah go nasional bahkan internasional gitu. Kayak kayak aja sih kreatif itu bisa mendukung desainer lokal dengan strategi branding fotografi, fashion nih kan pengembangan konten sosmed, produksi, acara fashion untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan eksposur mereka gitu. Yang keempat itu menurut ku adalah musik dan seni pertunjukkan di Palembang juga enggak. Kalau punya bakat bakat musik dan seni pertunjukan yang beragam gitu.

Agensi kreatif juga bisa punya peran gitu dalam mengelola, mempromosikan artis lokal, mengatur konser dan acara seni, serta mengembangkan konten digital kayak video musik, memperluas pengaruh dan mendukung pertumbuhan industri itu ya yang kelima tuh industri kreatif digital nih, sering sama kemajuan teknologi internet yang makin oke gitu luas. Kayaknya industri kreatif digital kayak desain grafis, pengembangan web animasi, dan medsos ini punya peluang pertumbuhan yang baik gitu. Di Palembang menurut ku ya agensi kreatif itu jadi kayak menyediakan layanan ini ke perusahaan gitu.

 

Apakah kamu pernah bekerja atau berkolaborasi dengan creative agensi di Palembang? Jika ya, bagaimana pengalaman Anda dan apa yang menurut Anda membuat agensi tersebut berhasil atau kurang berhasil?

Ini pendapatku mengenai poin yang kelima. Kebetulan aku pernah kolaborasi sama kreatif agensi digital di Palembang untuk salah satu produk bumbu masak yang aku posting detik toko dan aku promosikan gitu. Jadi aku sebagai apa namanya Ki Oil nya. Nah, kalau dari pengalaman ku gitu ya yang aku tahu yang aku lihat itu sebagai kaca matanya dari teller nih. Apa yang membuat agensi itu berhasil atau kurang berhasil?

Kayaknya kalau dirangkum in tuh ada tiga gitu. Tiga menurut ku adalah konsistensi. Terus juga kolaborasi. Yang ketiga adalah kreativitas yang harus terus dimintain gitu. Itu sih menurut ku

 

Apakah kamu memiliki harapan atau aspirasi tertentu terkait pengembangan industri kreatif di Palembang?

Ini poin yang ke enam. Harapan dan aspirasi untuk pengembangan industri kreatif ya terutama di Palembang adalah pertumbuhan ekosistem kreatif itu harapannya adalah tercipta itu sistem yang kuat, berkelanjutan gitu ya. Jadi hal ini melibatkan adanya agensi kreatif, pelaku bisnis, pemerintah, masyarakat gitu. Untuk mendukung itu pertumbuhan industri kreatif secara keseluruhan. Gitu kan. Dengan adanya dukungan yang baik kayak

Infrastruktur pendidikan, akses ke sumber daya industri kreatif di Palembang juga bisa berkembang gitu. Untuk apa yang ngasilin dampak positif, apalagi untuk ekonomi lokal gitu terus. Apalagi ya yang kedua tuh peningkatan keterampilan dan peluang karir gitu. Harapannya tuh kayak bisa dapat kesempatan yang lebih luas. Bentuk individu individu di Palembang untuk membangun keterampilan kreatif mereka untuk memperoleh karir itu di industri kreatif dengan kayak adanya pelatihan, terus juga pendidikan ya. Apalagi ya program pengembangan kreatif masyarakat Palembang yang bisa ningkatin kompetisi mereka dengan ngasih lebih banyak talenta kreatif yang oke. Terus pun yang ketiga itu pemanfaatan teknologi dan inovasi.

Jadi kayak penggunaan teknologi dan inovasi dalam industri kreatif gitu. Kayak alat alat digital, telefon online, terus juga teknologi baru. Jadi ini kan bisa nyiptain peluang yang baru ya kayak ciptain produksi, distribusi karya kreatif dengan memanfaatkan teknologi secara efektif gitu kan. Yang keempat adalah kalau beresi dan jaringan harapannya adalah kolaborasi yang kuat antara agensi kreatif, seniman, pelaku bisnis di Palembang melalui kayak kerjasama ide keran gitu kan. Agensi dan individu kreatif bisa saling mendukung gitu kan. Makin kuat lagi tuh. Apa namanya Ekosistemnya gitu. Itu sih harapan ku.

Ayu Utari

Script Writer

Kamu tau gak creative agensi apa aja yang ada di kota ini? Jika iya, apakah Anda dapat memberikan contoh atau menyebut beberapa creative agensi yang ada di Palembang?

Saya tau beberapa creative agency di palembang, seperti serangkai creative agency, dan katakanlah

 

Menurut kamu, apa saja tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh creative agensi di Palembang? Apakah ada faktor-faktor khusus yang membuatnya sulit bagi mereka untuk berkembang?

Menurut saya tidak cukup banyak hambatan yg dialami creative agency selain mencari klien, tapi perkembangan teknologi yg semakin maju dan munculnya AI yg banyak membantu manusia khususnya dibidang kreatif, dapat menjadi “saingan” bagi insan kreatif, namun hal ini dpt diatasi dgn memberi sesuatu yg berbeda dan menarik, dibanding yg diberi oleh teknologi.

 

Bagaimana Anda melihat eksistensi creative agensi di Palembang? Apakah Anda merasa bahwa kreatif agensi memiliki peran penting dalam pengembangan industri kreatif di kota ini?

Menurut saya eksistensi creatve agency di Palembang sangat memberi pengaruh pada industri kreatif di sini, khususnya pada media sosial. Banyak orang sudah lebih memperhatikan tampilan dan branding usahanya di Instagram dan memilih “ mencuri” perhatian publik secara kreatif, bukan terang terangan lagi.

 

Apakah kamu melihat potensi pertumbuhan bagi creative agensi di Palembang? Jika ya, sektor atau bidang apa yang menurut Anda memiliki peluang yang baik untuk dikembangkan agensi kreatif disini?

Saya saat ini bekerja di creative agency di Palembang, dan pengalaman saya menjadi makin luas di industri ini. Saya menjadi terbiasa untuk berpikir out of the box, agar dapat menarik perhatian publik untuk konten yang saya buat. creative agency sangat cocok untuk generasi muda yang tertarik pada konten sosmed, dan kreatifitas. Yang membuat creative agency berhasil adalah dgn membuat orang didalamnya dapat bekerja sama dengan aktif dan diberi “ruang” utk berpikir kreatif.

 

Apakah kamu memiliki harapan atau aspirasi tertentu terkait pengembangan industri kreatif di Palembang?

Tentu saya memiliki harapan yg besar untuk perkembangan industri kreatif di Palembang karna disini memiliki potensi yg sangat besar utk berkembang, orang juga sudah lebih aware terhadap dampak dari creative agency. Tinggal menyebarkan lebih luas lagi kepada masyarakat.

Mutiara Diah Deva

Arsitek

Kamu tau gak creative agensi apa aja yang ada di kota ini? Jika iya, apakah Anda dapat memberikan contoh atau menyebut beberapa creative agensi yang ada di Palembang?

Yang aku tau agensi kreatif di Palembang itu Serangkai Creative, dulu sempet tau kromo tapi keliatannya udah gak jalan lagi

 

Menurut kamu, apa saja tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh creative agensi di Palembang? Apakah ada faktor-faktor khusus yang membuatnya sulit bagi mereka untuk berkembang?

Menurutku salah satu tantangan utama dari agensi kreatif di Palembang adalah kurangnya pemahaman dan kesadaran akan pentingnya jasa-jasa kreatif di kalangan perusahaan dan masyarakat umum. Makanya agensi kreatif perlu mengedukasi kliennya secara berkala.

 

Bagaimana Anda melihat eksistensi creative agensi di Palembang? Apakah Anda merasa bahwa kreatif agensi memiliki peran penting dalam pengembangan industri kreatif di kota ini?

Ageni Kreatif di Palembang memiliki peran yang penting dalam pengembangan industri kreatif di kota ini. Agensi-agensi ini menjadi pusat kreativitas dan sumber inovasi dalam menghasilkan konten dan solusi kreatif yang efektif. Mereka membantu perusahaan dan individu dalam membangun merek, mengembangkan strategi pemasaran, dan menciptakan pengalaman kreatif bagi target audiens. Eksistensi mereka juga dapat memajukan sektor pariwisata dan budaya di Palembang melalui pengembangan konten promosi yang menarik.

 

Apakah kamu melihat potensi pertumbuhan bagi creative agensi di Palembang? Jika ya, sektor atau bidang apa yang menurut Anda memiliki peluang yang baik untuk dikembangkan agensi kreatif disini?

Kalo untuk kota Palembang sektor Pariwisata dan Budaya sangat potensial untuk di explore, karena kita tau kota ini sangat kaya akan budaya dengan keunikanya sendiri

 

Apakah kamu memiliki harapan atau aspirasi tertentu terkait pengembangan industri kreatif di Palembang?

Mungki harapan kedepannua ada peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya industri kreatif, adanya dukungan pemerintah dan kebijakan yang mendukung pengembangan industri kreatif, terus makin ramenya kolaborasi antara agensi kreatif dan pelaku bisnis lainnya.

Dengan tantangan dan hambatan yang dihadapi, eksistensi agensi kreatif di Palembang tetap memiliki potensi yang besar untuk tumbuh dan berkembang. Melalui peningkatan pemahaman masyarakat, dukungan pemerintah, kolaborasi antar agensi, dan pemanfaatan peluang yang ada, agensi-agensi ini dapat menjadi pendorong utama dalam mengembangkan industri kreatif di Palembang. Dengan semangat kreativitas yang tak terbatas, creative agensi di Palembang siap mengukir jejak dan memberikan kontribusi yang berarti bagi pertumbuhan ekonomi dan kehidupan budaya kota ini.

Artikel Oleh:  Bobby Aland

Related Post

Contact us

    SOUTH SUMATERA LIFESTYLE AND CREATIVE MAGAZINE

    Contact Us!